Bermain Sambil Belajar dengan Batik
oleh Admin Jum'at, 21 Oktober 2016 Editorial
Bermain Sambil Belajar dengan Batik

Bermain Sambil Belajar dengan Batik


Penulis: Zulaida Firsty Aulia, S.Pd.I

(Wa.Ka.Sek KB TK Lentera Insan CDEC)

 

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam atau lilin pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO pun telah memasukkan batik ke dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Sejak tanggal 2 Oktober 2009 beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah, pegawai hingga pelajar disarankan mengenakan batik, karena telah ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.


Sebagai wujud cinta budaya dan kreativitas, siswa- siswi dan guru KB TK Lentera Insan CDEC mengadakan kegiatan Fashion Show mengenakan batik nasional. Orang tua memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dalam mempersiapkan busana yang akan dikenakan oleh anandanya. Hal ini dapat dilihat dari menariknya pakaian yang dikenakan para siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan tentang salah satu warisan kebudayaan khas yang dimiliki Indonesia, menumbuh suburkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak usia dini, serta membangun rasa percaya diri untuk tampil di depan orang banyak. Terlihat dari wajah para siswa yang senang mengenakan baju batik.




Kegiatan lain dalam mengenalkan batik kepada siswa, guru juga memberikan stimulasi kegiatan bermain sambil belajar yang mengembangkan kemampuan motorik halus dan seni dengan menggambar pola atau motif batik. Hanya dengan peralatan sederhana yang telah sering anak-anak gunakan dalam aktivitas sehari- hari di kelas, seperti kertas (yang sudah diberi pola awalan) dan spidol warna- warni, mereka dilatih keterampilan jari- jemari tangan, kreativitas, serta imajinasinya untuk menghasilkan goresan warna- warni membuat pola atau motif daun.

 

Batik merupakan salah satu bentuk seni lukis kebanggaan Indonesia. Sebagai pengantar untuk mengajarkan anak- anak menggambar batik, guru dapat memulai dari pola- pola yang sederhana dan kemudian secara bertahap meningkat menjadi pola- pola yang lebih rumit yang tentunya membutuhkan keterampilan dan ketekunan lebih tinggi. Dengan latihan menggambar pola batik, anak yang memiliki bakat, kreatifitas dan imajinasi yang tinggi nantinya akan dapat membuat motif batik yang baru, orisinal dan membanggakan negaranya.

 


Sumber:

1.       https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

2.           http://1.bp.blogspot.com/_8K-YTkhDCkw/TUfsXsRpDhI/AAAAAAAAAMw/IjbBmAinX8U/s320/riu_aj_102200950644PM_batik_kawung.jpg