KB-TK IT Lentera Insan CDEC

Profil KB-TK Lentera Insan


Penyelenggaraan Sekolah dan Kurikulum 
Penyelenggaraan sekolah mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 
Dan pelaksanaan kurikulum mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang dikembangkan dengan menitikberatkan pada visi-misi serta tujuan pendidikan Lentera Insan-CDEC. 


Ruang lingkup program atau materi mencakup:
(1) bidang pengembangan pembiasaan yang meliputi moral dan nilai–nilai agama, sosial, emosional, dan kemandirian,
(2) bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi bahasa, kognitif, fisik / motorik dan seni. 

Metode 
KBIT-TKIT Lentera Insan-CDEC menggunakan pendidikan “belajar  melalui bermain integrasi nilai–nilai kehidupan beragama dengan pembelajaran tematik, pendekatan saintifik dilengkapi dengan model pembelajaran area dan saat lingkaran” hal tersebut merupakan salah satu metode pembelajaran anak usia dini yang dirancang, dikembangkan dan diteliti baik dari sisi kajian ilmiah atau teori maupun empirik metode pembelajaran untuk ananda usia dini yang diadopsi dan di sosialisasikan secara nasional oleh Direktorat PAUD Kemendikbud RI. Metode belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan beragama dengan pendekatan area dan saat lingkaran yang dikembangkan.


Keunggulan
Program KBIT-TKIT LI-CDEC memiliki banyak kelebihan diantaranya :

1.     Pendidikan agama merujuk pada kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang dilaksanankan secara kongkrit dan nyata melalui penanaman nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini yang diintegrasikan dalam semua proses kegiatan belajar dan mengajar.

2.     Pengembangan kurikulum mengacu pada standar yang ditetapkan pemerintah, yaitu Kemendiknas nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang diperkuat juga menggunakan sumber-sumber kurikulum PAUD yang berkembang lainnya baik kurikulum nasional maupun internasional.

3.     Kurikulumnya diarahkan untuk membangun pengetahuan ananda. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan bermakna sesuai usia dan tahapan perkembangan ananda. Dengan memberi kesempatan bermain yang luas dan bermutu untuk bereksplorasi, bereksperimen, dan berkreatifitas juga memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan lingkungan, ananda akan menemukan dan membangun pengertian dan konsep melalui pengalaman bermainnya.

4.     Kegiatan bermain berfokus pada ananda dan berpusat pada area-area kegiatan bermain dan saat ananda dalam lingkaran (circle time)

5.     Semua tahapan perkembangan ananda telah dirumuskan dengan rinci dan jelas sehingga dapat dijadikan panduan untuk mengetahui dan memahami perkembangan ananda


Pendidikan Inklusi
Lentera Insan merupakan sekolah inklusi yang memberikan pelayanan bagi  siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus (ABK), antara lain : anak yang memiliki gangguan perkembangan maupun anak yang tergolong Cerdas Istimewa (CI) dan Bakat Istimewa (BI). Terdapat 2 jenis kelas, antara lain :
a. Kelas reguler : kelas yang ditujukan untuk siswa reguler dan beberapa siswa ABK yang telah memenuhi kategori yang telah ditetapkan Tim Psikologi sekolah.
b. Kelas khusus : kelas yang ditujukan untuk beberapa siswa ABK yang memiliki beberapa hambatan perkembangan sehingga membutuhkan penanganan yang lebih intensif.


Pendidik di lingkungan KB – TK Lentera Insan
Jumlah Guru TK   : 5 orang  (Sarjana PAUD)
Jumlah Guru KB   : 2 orang  (Sarjana PAUD)
Jumlah Guru Pembimbing Khusus  : 6 orang (Guru Inklusi)

Jumlah Staf Non Guru                          : 8 orang


Prestasi Siswa:

- Lomba Membaca Teks Pancasila (Porseni Ancol) se – Kota Depok

- Lomba Peragaan Sholat Subuh Berjama’ah  (Porseni Ancol) se – Kota Depok

- Lomba Menari  (Porseni  Ancol) se – Kota Depok

- Peserta Tari Massal Jaranan (Hari Anak Nasional) se – Kota Depok

- Peserta Gebyar Anak se – Kota Depok

- Lomba Mewarnai dalam acara Gebyar Anak se – Kota Depok

- Lomba Abang Mpok Cilik  Depok

- Lomba Tari Kreasi Guru


Alamat KB-TK Lentera Insan:


Jl. KomJen. Pol. M. Jasin (akses UI) no. 101, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok 16451

No. Telp    : 021-87712727 / 081285596665 (Bu Siti)

Wa             : 081285596665