Program Unggulan

VISI
Sekolah Dasar Islam terdepan dalam mengoptimalisasi perkembangan anak usia 6 – 12 tahun di Indonesia.

MISI
Mengoptimalkan perkembangan anak melalui berbagai program pendidikan yang dibutuhkan dan sesuai dengan anak usia sekolah dasar didukung oleh fasilitas yang menunjang serta dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aktivitas.

MOTTO
Ceria – Cerdas - Kreatif dan Berakhlak Mulia    

Tujuan Pendidikan Sekolah Lentera Insan
Membentuk fondasi bagi terwujudnya generasi yang sehat, senang belajar, disiplin, berwawasan luas, cerdas, kreatif, memiliki kepribadian tangguh, dan berakhlak mulia, menuju insan yang beriman dan bertakwa kepada Alloh SWT.

Pendidikan Inklusi
Lentera Insan merupakan sekolah inklusi yang memberikan pelayanan untuk setiap siswa baik siswa reguler maupun anak berkebutuhan khusus (ABK), antara lain :  anak yang memiliki gangguan perkembangan maupun anak yang tergolong Cerdas Istimewa (CI) dan Bakat Istimewa (BI). Terdapat 2 jenis kelas, antara lain :
a.    Kelas reguler : kelas yang ditujukan untuk siswa reguler dan beberapa siswa ABK yang telah memenuhi kategori yang telah ditetapkan sekolah.
b.    Kelas khusus : kelas yang ditujukan untuk beberapa siswa ABK yang memiliki beberapa hambatan perkembangan sehingga membutuhkan penanganan yang lebih intensif.

Prestasi Ananda SD Lentera Insan
a. Akademik
Mengikuti dan menjuarai berbagai lomba pada mata pelajaran MIPA dan PJOK tingkat kecamatan, diantaranya :
- O2SN tingkat kecamatan Cimanggis
- Gebyar antarsekolah
- Lomba MIPA sekolah swasta
- Cerdas Cermat dan kompetisi lainnya yang diadakan oleh penyelenggara lepas, seperti Kalbe
Kelulusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 100%.
b. Non Akademik
Mengikuti dan menjuarai berbagai lomba-lomba keterampilan pada bidang seni.
Menyelenggarakan dan mengikuti berbagai pameran dan pentas seni.

Data Guru SD Lentera Insan
Jumlah Seluruh Guru            :  33 orang
Jumlah Guru Kelas            :   7 orang
Jumlah Guru mata pelajaran        :   6 orang
Jumlah Guru Pendamping Khusus    :  16 orang
Jumlah Staf Non Guru            :    4 orang

PROFIL KURIKULUM SD Lentera Insan
1.    Kurikulum disusun berdasarkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan (Permendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006) serta merujuk pada kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan berbagai pengembangan oleh sekolah untuk seluruh kelas.

2.    Kurikulum yang dirancang memuat :
a.    Penanaman Cinta Tuhan dan Segenap Ciptaan-Nya
Ananda dibimbing untuk mampu melakukan shalat wajib lima waktu tanpa harus disuruh, hafal satu juz (juz Amma) Al Qur’an dan memahami maknanya serta mampu menjelaskan inti ajaran Islam. Ananda juga diharapkan menunjukkan sikap suka menolong, toleran dan mencintai kedamaian.
b.    Pembiasaan Pola Hidup Sehat
Ananda dibiasakan dengan pola hidup sehat dan senang berolahraga. Ananda juga dikondisikan agar turut serta menjaga kebersihan kelas/ sekolah dan memiliki tanggung jawab dalam menjaga lingkungan hidup.
c.    Pembentukan Keterampilan ’self resourcing’
Ananda diharapkan mampu mencari sumber/ referensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas/masalah yang dihadapi. Disamping itu ananda dapat menggunakan berbagai media sebagai sumber belajar.
d.    Pembentukan Kepribadian yang Tangguh dan Berkarakter.
Ananda diberi kesempatan, motivasi dan bimbingan agar mengenal diri dan lingkungannya, percaya diri, mandiri, disiplin, cerdas menyikapi masalah, dan menghargai orang lain.
e.    Pengembangan Pengetahuan & Keterampilan 
Potensi intelektual (akademis) ananda diasah sedemikian rupa sehingga diharapkan memiliki : kemampuan berpikir logis, analitis, dan sistematis; dapat mengambil kesimpulan yang tepat; serta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Ananda juga diharapkan memiliki kecintaan membaca dan senang belajar.
f.    Kearifan Lokal & Wawasan Internasional  
Pengetahuan ananda dikembangkan untuk mengetahui adanya berbagai macam budaya, bahasa dan agama, baik lokal, nasional dan internasional. Dengan pengetahuan itu pula, ananda dibimbing untuk cinta dan bangga terhadap negerinya dan dapat menghargai & menerima perbedaan. Ananda dikondisikan untuk mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan Arab.
g.    Membentuk Jiwa Kepemimpinan
Ananda dikondisikan untuk mampu membuat perencanaan, dapat bekerjasama, mampu mengajakorang lain mengerjakan perbuatan baik serta berani mengambil resiko atas perbuatan yang dilakukannya.

3.    Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Student Active learning, yaitu : pendekatanScientific, pendekatan tematis, partisipatif, interaktif, student centered learning dan learning bydoing.  Pendekatan Scientific  yaitu pendekatan yang dilakukan saat proses KBM berlangsung dengan menerapkan 5 M (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan).Pendekatan tematis (integrated learning) yaitu suatu model pembelajaran yang memadukan semua mata pelajaran dengan payung tema tertentu dalam rangka membuat pembelajaran lebih terintegrasi dan bermakna bagi ananda. Pendekatan partisipatif bertujuan untuk mengaktifkan ananda agar turut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.  Pendekatan interaktif bertujuan agar senantiasa ada interaksi antara guru dengan ananda dan ananda dengan ananda yang lain dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan student centered learning berupaya menjadikan ananda sebagai subyek dalam proses belajarnya, guru hanya berfungsi sebagai fasilitator.  Pendekatan learning by doing, berupaya agar pembelajaran dilakukan dengan ananda aktif bereksplorasi dan menemukan sendiri jawaban atau kesimpulan atas persoalan yang ditemukan.

4.    Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah : ceramah, diskusi, tanya jawab, problem solving, games, tutor sebaya, demonstrasi, eksperimen, bermain peran, penugasan dan games.  Berbagai metode tersebut digunakan dalam rangka memberi pemahaman pada ananda tentang suatu materi yang sedang dipelajari.

5.    Kurikulum Adaptasi
Kurikulum yang dirancang khusus untuk ABK (Anak Bekebutuhan Khusus), yang telah disesuaikan dengan kemampuan anak dan kendala/hambatan yang dimilikinya.


Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan penunjang yang diberikan untuk membantu mengembangkan bakat, minat serta potensi ananda. Berikut ini kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah :
1.    Ekstrakurikuler Wajib
Pramuka, dilaksanakan setiap minggu pada hari Jum’at.

2.    Ekstrakurikuler Pilihan
Kegiatan ekstrakurikuler pilihan ini merupakan fasilitas sekolah yang dapat dipilih salah satu oleh ananda sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
a.    Menggambar            e. Futsal
b.    Menulis                f. Vokal
c.    Menari                g. Bahasa Inggris
d.    Marawis               

klik di sini