KLINIK TERAPI TUMBUH KEMBANG LENTERA INSAN
oleh Admin Rabu, 16 Agustus 2017 News
KLINIK TERAPI TUMBUH KEMBANG LENTERA INSAN

KLINIKLENSA

(PusatLayanan Terapi Tumbuh Kembang Anak)

SitiJubaedah, M.Pd

Klinik Lensa merupakan sebuah klinik terapi yangdidirikan pada tahun 2003. Berawal dari sebuah ruang kelas yang pada saat itukhusus menangani seorang siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang bersekolahdi TK Lentera Insan, hingga akhirnya memiliki ruangan sendiri yang berada dalam satu kawasan sekolah TB-TK Lentera Insan. Dalam perkembangannya Klinik Lensa saat ini menangani 70 anak berkebutuhan khusus dengan berbagai hambatan, seperti autisticspectrum disorder (ASD), ADHD, PDD-NOS, sensory Processing disorder, down sindrom,Learning disabilities, Cerebral palsy, tunarungu,retardasi mental, asperger syndrom, cerebral palsy, multiple handicape serta dan hambatan lainnya.

Klinik Lensa merupakan sebuah layanan yangterintegrasi dengan sekolah baik TK maupun SDIT Lentera Insan CDEC yang menjadi bagian dalam mendukung perkembangananak-anak berkebutuhan khusus menjadi pribadi yang mandiri, serta mempersiapkananak-anak untuk berkembang secara optimal sesuai kemampuan masing-masing anak. Klinik Lensa mengalami perkembangan yang cukup pesat daritahun ke tahun baik dalam penambahan jumlah anak yang diterapimaupun penambahan jumlah SDM terapis. Pelayanan yang dilakukan memegang sebuah prinsip Mendidik denganhati, melayani dengan cinta membuat pelayanan yang yang ada memberikan sebuaharti yang cukup mendalam bagi para terapisnya untuk melayani dengan professionaluntuk membentuk pribadi mandiri serta dapat diterima dilingkungan dimana anaktersebut berada.

Ciri khas Klinik Lensa yang bernuansa Islami membuat para orang tua mempercayakanpelayanan terapinya dilakukan di tempat ini, selain lingkungan yang cukup kondusif, keramahan para terapisserta komunikasi yang terjalin cukup baik membuat anak-anak dan para orang tua merasa nyaman saat berada dilingkunganklinik lensa.

Berikut ini program layanan yang diberikan di KlinikLensa diantaranya adalah :

1.Asesmen

2.Konsultasi Psikologis mengenaitumbuh kembang anak meliputi tes IQ, tes minat dan bakat anak

3.Konsultasi pendidikan anakberkebutuhan Khusus mengenai pendidikan yang yang tepat bagi proses tumbuhkembang anak serta pendekatan yang dilakukan oleh orang tua di rumah.

4. Terapi perilaku adalah sebuahpendekatan terapi yang bertujuan untuk mengajarkan anak untuk dapat berperilakusesuai dengan kondisi social yang ada.

5. Terapi sensori integrasiadalah salah satu metode terapi yang digunakan oleh okupasi terapi dalammenangani gangguan proses sensori yang mengakibatkan terjadinya gangguan perkembanganperilaku.

6. Terapi okupasi untuk anakadalah salah satu tenaga kesehatan yang menangani anak yang mengalami gangguanfisik dan atau mental dengan mengunakan aktivitas yang bermakna, untukmeningkatkan kemandirian anak.

7. Terapi wicara merupakan terapisuatu ilmu yang mempelajari perilaku komunikasinormal/abnormal yang dipergunakan untuk memberikan terapi pada penderitagangguan perilaku komunikasi, yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara,irama/kelancaran, sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungansecara wajar.

8. Remedial terapi adalah sebuahpendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan kembali kemampuan akademik yangtelah dicapainya.

9. Terapi holistik

Selain program yang diberikan bagi anak terdapatbeberapa program yang dilakukan sebagai fasilitas bagi anak dan orang tuadiantaranya adalah

1. Program report yang dilakukan secara berkala setiap satu semester dilakukanuntuk melihat sejauhmana progress perkembangan terapi anak yang telah dicapai.

2. Parenting bagi para orang tua yang dilakukan secara berkala setiap satubulan sekali dengan mendatangkan narasumber yang berasal dari para orang tuayang berhasil mendampingi serta mendidik anak berkebutuhan khusus, para terapisyang memberikan materi sesuai keahliannya, orthopedagog yang membahas tentangprogram pembelajaran anak berkebutuhan khusus disekolah serta narasumberlainnya yang berhubungan dengan kebutuhan informasi mengenai anak berkebutuhankhusus.

Jam Operasional KlinikLensa

Senin s.d Sabtu

Pukul 08.00 s.d. 17.00

Telp. 021-

Fax 021-87712727

HP 08111311320 (WA)