SD: Praktikum Membuat Akuarium Sederhana
oleh Admin Rabu, 20 Maret 2019 Activities
SD: Praktikum Membuat Akuarium Sederhana

Masya Allah, menarik sekali proses kegiatan belajar di kelas 3 SDIT Lentera Insan, pada hari Selasa, (19/3), tentang praktikum membuat akuarium. Simak laporan dari Ibu Guru kelas 3, Marni Yanih Fitri tentang proses pembuatan akuarium dan dokumentasi kegiatannya, yuks!


==============================
PRAKTIKUM MEMBUAT AKUARIUM SEDERHANA


Pada hari Selasa, (19/3/2019), kelas 3 Al-Kindi melakukan kegiatan praktikum membuat akuarium sederhana secara berkelompok. Ibu Guru membagi menjadi 5 kelompok sesuai dengan jumlah akuarium yang telah disediakan.

Sebelum melakukan praktikum siswa kelas 3 terlebih dulu berdiskusi menegai alat dan bahan yang akan digunakan; langkah-langkah pembuatan akuarium; dan mendesain gambar akuarium serta hiasan dalam akuarium yang akan dibuat saat praktikum.

Alat dan bahan yang digunakan sudah tersedia, seperti: akuarium, ikan hias, hiasan pohon, pasir, batu kerikil, air, aerator (pompa air) untuk membuat gelembung air, dan tentunya makanan ikan untuk memberi makan ikan setelah proses pembuatan akuarium selesai.

Setelah semua alat dan bahan tersedia, siswa memulai praktikum dengan langkah-langkah yang sudah disusun saat berdiskusi, tentunya sesuai dengan arahan dan bimbingan dari guru-guru kelas 3, yaitu sebagai berikut:
1. Siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan.
2. Masukkan satu persatu alat dan bahannya dimulainya dari pasir terlebih dahulu, batu kerikil dan hiasan pohon.
3. Setelah tersusun rapi sesuai desain yang teman-teman buat dari masing-masing kelompok, mulai memasukkan air secara perlahan hingga menyerap ke dalam pasirnya. Mengisi air ke dalam akuarium hingga penuh.
4. Tunggu hingga air benar-benar jernih dan barulah mulai memasukkan ikan hiasnya satu persatu ke dalam akuarium yang sudah terisi air.
5. Jika airnya belum jernih, ikan hias sebaiknya tidak dimasukkan dan kita bisa menggunakan aerator untuk membuat gelembung air serta membantu proses penjernihan air.

Setelah semua ikan hias dimasukkan ke dalam akuarium berisi air jernih, beserta hiasan yang siswa desain, baik hiasan gambar yang ditempel pada kaca bagian belakang akuarium, maupun hiasan konkrit, maka selesai sudah proses pembuatan akuarium sederhana karya siswa kelas 3 Al-Kindi.

Bagi Ayah Bunda dan Ananda lainnya yang ingin mencobanya sendiri di rumah atau di sekolah dapat dipraktikkan langsung ya. :)

Terima Kasih.

=========================

Yuks, kita praktikan bersama Ananda di rumah membuat akuarium sederhana ini!
Selamat Mencoba!

#lenterainsan
#lenterainsancdec
#sitdepok
#sditdepok
#bangunbangsa
#akuarium
#praktikmembuatakuarium